SEKOLAH

Kelas XI MIPA 1 TP 2019 – 2020

Ki Hajar Dewantoro tentu bukan tanpa alasan menamai tempat belajarnya menjadi taman siswa. Filosofinya pasti mendalam, visinya kuat, misinya efektif dan tujuannya jelas. Di dalam taman biasanya tumbuh beraneka ragam bunga; bisa dari baunya maupun warnanya. Di sana juga bunga-bunga bermekaran sesuai dengan kodrat-Nya; ada yang mengikuti sinar matahari, ada yang menjauhinya juga, bahkan ada yang malu jika disentuh.

Siler dalam bukunya Think Like a Genius juga menganalogikan pikiran dengan taman. Di taman ada tumbuhan yang teratur tetapi juga ada tumbuhan liar. Tidak ada keseragaman atau pemaksaan terhadap bentuk maupun rasa. Karena semakin semrawut akan semakin kreatif dan adaptif terhadap perubahan.

Filosofi atau analogi taman inilah yang mesti ada dalam setiap pembelajaran di sekolah. Senada dengan kebijakan mas Menteri mengenai merdeka belajar, yang lebih dulu diterapkan oleh Cikal menurut saya sudah mewakili atau memberi contoh nyata bagaimana menerapkan “taman” dalam mendidik atau proses pembelajaran.

Empat hal yang menjadi titik tekan antara lain kompetensi, kolaborasi, kemerdekaan dan karir diyakini sebagai kunci memajukan pendidikan lewat pengembangan guru. Terbukti mas Menteri sampai menggunakan istilah merdeka belajar untuk kebijakannya yang membuat saya terpukau “ternyata ada ya sekolah swasta yang berhasil memberikan kontribusi nyata untuk pendidikan Indonesia”. Karena sebelumnya saya selalu berpikir kalau sekolah ya mau swasta atau negeri sama saja kurikulumnya ABS (Asal Bos Senang).

Gambar siswa berbatik diatas memang bukan dari Cikal melainkan dari Labschool atau Sekolah Laboratorium. Labschool memiliki tujuh nilai dasar yang berkarakter unggul dan berintelektual tinggi. Bertaqwa, Berintegritas tinggi, Berdaya juang kuat, Berkepribadian utuh, Berbudi pekerti luhur, Mandiri dan Berintelektual tinggi. Jelas sekali Labschool menekankan karakter sebagai modal untuk cerdas. Semoga ketujuh nilai tersebut dimasukkan mas Menteri ke dalam kebijakannya sehingga muncul tagline atau tagar dari Labschool untuk Indonesia… (AS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *