KONEKSI

Ruang Tata Usaha SMA Labschool Cibubur

Konon Einstein belum memaksimalkan potensi otaknya hingga sempurna 100%, namun kejeniusannya tak diragukan. Hal tersebut terjadi karena banyaknya lipatan rumit di area cerebral cortex yang merangsang koneksi antara sel otak. Koneksi inilah yang menjadi kunci utama kejeniusan seseorang. Oleh karenanya, tidak ada kaitan antara volume otak dengan kecerdasan bahkan karakter.

Dalam konteks pembelajaran, koneksi sering digunakan untuk mengaitkan materi atau peristiwa yang lampau dengan materi yang akan dibahas atau peristiwa yang akan datang. Siler juga menggunakan koneksi untuk menghubungkan dua atau lebih kata, benda dan lain-lain tergantung konteksnya dengan cara menganalogikan dan mengaitkan agar terjadi setrum yang menjembatani.

Menurut pak Munif, tugas lembaga pendidikan mesti terus menerus melakukan Discovering Ability. Karena titik tekannya pada pembentukan manusia seutuhnya, bukan robot apalagi hewan ternak yang dikekang bahkan sering kali dipukul sebagai kode perintah. Gaya mengajar para guru di sekolah juga harus menyesuaikan dengan gaya belajar siswanya. “Masa iya monyet harus pandai berenang dan ikan harus pandai memanjat”, celotehnya.

Sedangkan dalam istilah pekerjaan, koneksi lebih populer dikenal dengan istilah orang dalam atau orang yang dekat dengan kebijakan atau si pembuat kebijakan. Sehingga iklan komersial yang mencatut orang pintar pun diplesetkan menjadi “orang bodo kalah dengan orang pintar, orang pintar kalah dengan orang hoki dan orang hoki kalah dengan orang dalam”. Berkompetisi jutaan kali dipastikan gagal meski sudah belajar siang malam tips dan trik tembus seleksi penerimaan pegawai. (AS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *