QS. Al-Hujurat (49): 12

Assalamu’alaikum warrahmatullahi wabarakatuh
Anak-anak yang sholeh dan sholehah 🌹 semoga kita semua dalam kondisi sehat dan penuh keberkahan,
aamiin 😊

Salam kenal ya, semoga silaturahim kita diridhoi Allah SWT
Yuk, perbaiki niat dan raih ketaqwaan dengan sebenar-benarnya

Kita pasti bisa,
Tetap semangat dan manfaat

be a Good & Smart 👍

Wassalamu’alaykum warrahmatullahi wabarakatuh

Kontrak Belajar PAI

Anak-anak yang sholeh dan sholeha, kita akan belajar PAI dengan suasana yang menyenangkan dan bermakna. Maka, kita harus menyepakati aturan peserta didik berikut ini:

1. Menyiapkan buku pelajaran dan mushaf Quran.

2. Menggunakan nama lengkap dan kelas yang jelas.

3. Menggunakan atribut sekolah dengan rapi.

4. Berpartisipasi aktif dalam pembelajaran serta cermat dalam mengerjakan tugas.

5. Mengamalkan ajaran Islam dalam kehidupan sehari-hari.

Asesmen Diagnostik

Wajib Isi Form Kesiapan Belajar di sini.

Kompetensi Inti

  1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
  2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, bertanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif, dan pro-aktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
  3. Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengeta-huan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
  4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajari-nya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

Kompetensi Dasar

1. Terbiasa membaca al-Qur’an dengan meyakini bahwa kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzzan), dan persaudaraan (ukhuwah) adalah perintah agama.

2. Menunjukkan perilaku kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzzan), dan persaudaraan (ukhuwah) sebagai implementasi perintah Q.S. al-Anfal/8: 72; Q.S. al- Hujurat/49: 10 dan 12 serta Hadis terkait.

3. Menganalisis Q.S. al-Anfal/8: 72; Q.S. al- Hujurat/49: 10 dan 12 serta Hadis tentang kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzzan), dan persaudaraan (ukhuwah).

4.1. Membaca Q.S. al-Anfal/8: 72; Q.S. al- Hujurat/49: 10 dan 12, sesuai dengan kaidah tajwid dan makharijul huruf.

4.2. Mendemonstrasikan hafalan Q.S. al-Anfal/8: 72; Q.S. al- Hujurat/49: 10 dan 12 dengan fasih dan lancar.

4.3. Menyajikan hubungan antara kualitas keimanan dengan kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzzan), dan persaudaraan (ukhuwah) sesuai dengan pesan Q.S. al-Anfal/8: 72; Q.S. al- Hujurat/49: 10 dan 12, serta Hadis terkait.

Tujuan Pembelajaran

Setelah mengikuti pembelajaran ini, peserta didik diharapkan dapat:

  1. Terbiasa membaca al-Qur’an dengan meyakini bahwa kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzzan), dan persaudaraan (ukhuwah) sebagai perintah agama.
  2. Bersikap kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzzan), dan persaudaraan (ukhuwah) sebagai implementasi dari pemahaman Q.S. al-Anfal/8: 72; Q.S. al- Hujurat/49: 10 dan 12 serta Hadis yang terkait
  3. Membaca Q.S. al-Anfal/8: 72; Q.S. al- Hujurat/49: 10 dan 12 sesuai dengan kaidah tajwĩd dan makhrajul huruf.
  4. Menyebutkan arti Q.S. al-Anfal/8: 72; Q.S. al- Hujurat/49: 10 dan 12.
  5. Menjelaskan makna isi Q.S. al-Anfal/8: 72; Q.S. al- Hujurat/49: 10 dan 12 sesuai dengan kaidah tajwĩd dan makhrajul huruf.
  6. Mendemonstrasikan hafalan Q.S. al-Anfal/8: 72; Q.S. al- Hujurat/49: 10 dan 12 sesuai dengan kaidah tajwĩd dan makhrajul huruf.
  7. Menampilkan contoh perilaku kontrol diri (mujahadah an-nafs), prasangka baik (husnuzzan), dan persaudaraan (ukhuwah) berdasarkan Q.S. al-Anfal/8: 72; Q.S. al- Hujurat/49: 10 dan 12.
  8. Mendemonstrasikan hafalan Q.S. al-Anfal/8: 72; Q.S. al- Hujurat/49: 10 dan 12 dengan fasih dan lancar

Mari kita lanjutkan dengan membaca QS. Al-Fatihah dan QS. Al-Hujurat (49): -75

QS. Al Fatihah
QS. Al Hujurat (49): 12-18

QS. Al-Hujurat (49): 12

Artinya:

Hai orang-orang yang beriman, jauhilah kebanyakan purba-sangka (kecurigaan), karena sebagian dari purba-sangka itu dosa. Dan janganlah mencari-cari keburukan orang dan janganlah menggunjingkan satu sama lain. Adakah seorang diantara kamu yang suka memakan daging saudaranya yang sudah mati? Maka tentulah kamu merasa jijik kepadanya. Dan bertakwalah kepada Allah. Sesungguhnya Allah Maha Penerima Taubat lagi Maha Penyayang.

Referensi: https://tafsirweb.com/9782-quran-surat-al-hujurat-ayat-12.html

TUGAS !!!

  1. Sebutkan kandungan atau pesan dari QS al-Hujurat (49): 12!
  2. Mengapa Allah SWT sampai menggunakan istilah “memakan bangkai saudaramu” sebagai perumpamaan dari ghibah!
  3. Unggah foto kalian memegang hasil pekerjaan (tugas) kalian di sini!