QS. An-Nisa' (4): 59

Assalamu’alaikum warrahmatullahi wabarakatuh
Anak-anak yang sholeh dan sholehah 🌹 semoga kita semua dalam sehat dan penuh keberkahan,
aamiin 😊

Salam kenal ya, semoga silaturahim kita di ridhoi Allah SWT
Yuk, perbaiki niat dan raih ketaqwaan dengan sebenar-benarnya
Kita pasti bisa,
Tetap semangat dan manfaat

be a Good & Smart 👍

Wassalamu’alaykum warrahmatullahi wabarakatuh

Kontrak Belajar PAI

Anak-anak yang sholeh dan sholeha, kita akan belajar PAI dengan suasana yang menyenangkan dan bermakna. Maka, kita harus menyepakati aturan peserta didik berikut ini:

1. Menyiapkan buku pelajaran dan mushaf Quran.

2. Menggunakan nama lengkap dan kelas yang jelas.

3. Menggunakan atribut sekolah dengan rapi.

4. Berpartisipasi aktif dalam pembelajaran serta cermat dalam mengerjakan tugas.

5. Mengamalkan ajaran Islam dalam kehidupan sehari-hari.

Asesmen Diagnostik

Wajib Isi Form Kesiapan Belajar di sini.

Kompetensi Inti

  1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
  2. Menunjukkan perilaku jujur, disiplin, bertanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama, toleran, damai), santun, responsif, dan pro-aktif sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.
  3. Memahami, menerapkan, menganalisis pengetahuan faktual, konseptual, prosedural berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan humaniora dengan wawasan kemanusiaan,  kebangsaan, kenegaraan, dan peradaban terkait penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengeta-huan prosedural pada bidang kajian yang spesifik sesuai dengan bakat dan minatnya untuk memecahkan masalah.
  4. Mengolah, menalar, dan menyaji dalam ranah konkret dan ranah abstrak  terkait dengan pengembangan dari yang dipelajari-nya di sekolah secara mandiri, dan mampu menggunakan metoda sesuai kaidah keilmuan.

Kompetensi Dasar

1. Terbiasa membaca al-Qur’an dengan meyakini bahwa taat pada aturan, kompetisi dalam kebaikan, dan etos kerja sebagai perintah agama.

2. Bersikap taat aturan, tanggung jawab, kompetitif dalam kebaikan dan kerja keras sebagai implementa-si dari pemahaman Q.S. al Maidah/5: 48; Q.S. an-Nisa/4: 59; dan Q.S. at-Taubah /9: 105 serta Hadis yang terkait.

3. Menganalisis makna Q.S. al-Maidah/5 : 48; Q.S. an-Nisa/4: 59, dan Q.S. at-Taubah/9 : 105, serta Hadis tentang taat pada aturan, kompetisi dalam kebaikan, dan etos kerja.

4.1. Membaca Q.S. al-Maidah/5 : 48; Q.S. an-Nisa/4: 59, dan Q.S. at-Taubah/9 : 105 sesuai dengan kaidah tajwid dan makharijul huruf.

4.2. Mendemonstrasikan hafalan Q.S. al-Maidah/5 : 48; Q.S. an-Nisa/4: 59, dan Q.S. at-Taubah/9 : 105 dengan fasih dan lancar.

4.3 Menyajikan keterkaitan antara perintah berkompetisi dalam kebaikan dengan kepatuhan terhadap ketentuan Allah sesuai dengan pesan Q.S. al-Maidah/5 : 48; Q.S. an-Nisa/4: 59, dan Q.S. at-Taubah/9 : 105.

Tujuan Pembelajaran

Setelah mengikuti proses pembelajaran, peserta didik diharapkan dapat:

  1. Terbiasa membaca al-Qur’an dengan meyakini bahwa taat pada aturan, kompetisi dalam kebaikan, dan etos kerja sebagai perintah agama
  2. Bersikap taat aturan, tanggung jawab, kompetitif dalam kebaikan dan kerja keras sebagai implementa-si dari pemahaman Q.S. al Maidah/5: 48; Q.S. an-Nisa/4: 59; dan Q.S. at-Taubah /9: 105 serta Hadis yang terkait
  3. Membaca Q.S. an-Nisā’/4: 59, Q.S. al-Māidah/5: 48, Q.S. at-Taubah/9: 105 sesuai dengan kaidah tajwĩd dan makhrajul huruf.
  4. Menyebutkan arti Q.S. an-Nisā’/4: 59, Q.S. al-Māidah/5: 48, Q.S. at-Taubah/9:105.
  5. Menjelaskan makna isi Q.S. an-Nisā’/4: 59, Q.S. al-Māidah/5: 48, Q.S. at Taubah/9: 105 sesuai dengan kaidah tajwĩd dan makhrajul huruf.
  6. Mendemonstrasikan hafalan Q.S. an-Nisā’/4: 59, Q.S. al-Māidah/5: 48, Q.S. at-Taubah /9: 105 sesuai dengan kaidah tajwĩd dan makhrajul huruf.
  7. Menampilkan contoh perilaku taat kompetitif dalam kebaikan dan kerja keras berdasarkan Q.S. an-Nisā’/4: 59, QS. al-Māidah/5: 48, dan Q.S. at-Taubah/9:105.
  8. Mendemonstrasikan hafalan Q.S. al-Maidah/5 : 48; Q.S. an-Nisa/4: 59, dan Q.S. at-Taubah/9 : 105 dengan fasih dan lancar

Mari kita lanjutkan dengan membaca QS. Al-Fatihah dan QS. An-Nisa' (4): 59

QS. An-Nisa' (4): 52-59
QS. Al-Fatihah

QS. An-Nisa' (4): 59

Artinya:

Hai orang-orang yang beriman, taatilah Allah dan taatilah Rasul (Nya), dan ulil amri di antara kamu. Kemudian jika kamu berlainan pendapat tentang sesuatu, maka kembalikanlah ia kepada Allah (Al Quran) dan Rasul (sunnahnya), jika kamu benar-benar beriman kepada Allah dan hari kemudian. Yang demikian itu lebih utama (bagimu) dan lebih baik akibatnya.

Asbabun Nuzul

Dalam kitab tafsir karangan Ibnu Katsir dijelaskan. Bahwa asbabun nuzul surat An-Nisa ayat 59 ini berhubungan dengan peristiwa sahabat Abdullah bin Hudzafah bin Qais. Ketika beliau diutus oleh Nabi Muhammad untuk memimpin pasukan perang. Ketika Abdullah memerintahkan para pasukan untuk mengumpulkan kayu untuk dibakar. Maka ketika api tersebut sudah menyala, Abdullah menyuruh para sahabat untuk memasuki api tersebut. Maka ada salah satu pasukan yang bertanya? Sesungguhnya jalan keluar dari api ini hanyalah Nabi Muhammad. Oleh karna itu jangan tergesa-gesa sebelum menemui beliau. Maka jika Nabi Muhammad memerintahkan kepada kita semua untuk memasuki api ini, maka akan aku masuki api tersebut. Pergilah para pasukan menghadap kepada Nabi Muhammad, kemudian menceritakan hal tersebut. Maka Nabi Muhammad melarang memasuki api tersebut serta menegaskan bahwa ketaan hanyalah dalam kebaikan. Imam Ibnu Hajar Al-Asqalani menjelaskan dalam hadits, bahwa apabila ada perbedaan diantara manusia, maka harus dikembalikan kepada Al-Qur’an dan Hadits. (https://duniapondok.com/asbabun-nuzul-surat-an-nisa-ayat-59/)

TUGAS !!!

  1. Salin QS. An-Nisa’ (4): 59 di kertas/buku
  2. Highlight atau tandai setiap hukum tajwid yang terdapat pada ayat tersebut dan tuliskan hukum tajwidnya di bawah
  3. Unggah foto hasil pekerjaan kalian di sini.